Sabtu, 15 Februari 2014

Resep Cara Membuat Roti Maryam Enak

Saatnya berkreasi masakan ^ ^
Ini resep dapat dari FB. Saya udah coba praktekkan, eh ternyata enak juga. Saya share juga di sini untuk dipraktekkan siapa saja yang suka makanan khas Asia Selatan & Timur Tengah ini.
resep roti maryam dan roti cane
Roti maryam, mudah, murah & enak lagi :p


Resep Cara Membuat Roti Maryam Enak

Bahan : 


  • Tepung terigu protein sedang/tinggi 300 gram (saya pakai tepung merk CakraKembar)
  • Telur 1 butir (boleh diambil kuningnya aja, Tapi kalau males saya pake sama putihnya sekalian)
  • Susu cair 100 ml (kalau gak ada saya pake air putih aja)
  • Margarin 250 gram (setengahnya dilelehkan)


Cara Membuat:

  • Kocok kuning telur, masukkan susu dan margarin. Masukkan terigu sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan sampai adonan kalis. Kalau adonan terlalu cair tambahkan terigu lagi sedikit. 
  • Bulatkan adonan menjadi sebesar onde-onde.Olesi margarin cair. Diamkan selama 3 jam. (kalau saya males, biasanya saya diamkan 15 menit saja) taruh di frezer atau kulkas.
  • Setelah didiamkan ambil dan pipihkan dengan roller, lalu olesi margarin di permukaannya. Gulung lagi dan bulatkan. Pipihkan lagi dengan roller dan olesi margarin. Lakukan proses ini beberapa kali. 
  • Diamkan lagi adonan selama 1 jam (lagi-lagi, kalau saya mah 15 menit aja...keburu laper :p ). 
  • Pipihkan dan bentuk lingkaran seperti yang kebab. Olesi margarin cair di permukaannya.
  • Nyalakan kompor & pakai wajan teflon. Apinya kecil aja, biar nggak gampang gosong.
  • Tuang sisa margarin cair di teflon sedikit saja.
  • Susun roti maryam di wajan teflon. Gunakan spatula kayu untuk menekan dan membalik adonan. Tunggu sampai matang. 

Tips:

  • Matangnya roti maryam itu ditandai dengan berubah warna menjadi agak kecoklatan (dengan sedikit bercak-bercak cokelat tua).
  • Jangan ditinggal saat menggoreng, karena matangnya cepat sekali. Kalau sampai gosong jadi nggak bisa dimakan dong... 
  • Jika roti maryam tidak langsung disantap, bisa digoreng setengah matang dan simpan di frezer. Goreng kembali jika mendekati waktu makan agar margarinnya tidak membeku. 
  • Jangan banyak-banyak ya makan roti maryam ini. Rasa margarinnya sangat kuat, sudah tahu bahayanya makan makanan yang mengandung lemak trans (margarin, contohnya) kan? Bisa menyumbat jalur di pembuluh darah lho...
Semoga bermanfaat ^ ^



Rating: 5