Sabtu, 21 April 2012

Cara Custom Domain Blogspot dengan DNSever.com

Bahasan kali ini adalah tutorial tentang Cara Custom Domain Blogspot dengan DNSever.com. Custom domain adalah istilah untuk menyebut blog dari blogspot.com dengan memakai domain sendiri, bukan ***.blogspot.com.

Oke, berikut langkah-langkahnya :


1. Buka situs dnsever.com dan lakukan registrasi. Ketika kamu login kedalam dnsever.com, lihat di sidebar sebelah kiri di bagian "Name Servers for .... ". Nah disana ada 5 nameserver yang harus kamu masukkan kedalam record domainmu nanti.



2. Kamu harus punya domain berbayar (misal : .com, .net, .org, .info, .tk, dan sebagainya). Ketika membeli domain, lakukan Manage domain dan masukkan nameserver sesuai dengan yang kamu dapat di langkah 1 diatas (minimal masukkan 2 nameserver dari dnsever.com).



3. Kembali lagi ke dashboard dnsever.com, klik add new domain di kiri atas, dan masukkan alamat domain kamu lalu tekan ADD -> Ok. Setelah proses selesai, klik "Start DNS Management for ..."

4. Setelah selesai langkah 3, klik bagian "Aliase (CNAME Record)", masukkan "www" di kolom paling kiri, lalu "ghs.google.com" di kolom tengah (manual input), lalu tekan Add CNAME.



5. Selanjutnya, masuk ke akun blogger.com kamu,  klik blog yang hendak di custom domain, masuk ke Settings -> Basic -> Add a custom domain ->  Switch to advanced settings. Tulis nama domain kamu dengan www.(domainkamu).(com). Klik Save jika sudah.


Selesai!
Tunggu masa propagasi domain yang biasa berlangsung paling lama 48 jam, tapi biasanya tidak sampai 1 jam sudah terpropagasi.

Jika ada pertanyaan tentang Cara custom domain blogspot, silahkan tulis di komentar.

FAQ:
# Apakah semua link blogspot saya akan otomatis berubah?
Ya, semuanya akan berubah secara otomatis menjadi domainmu yang sudah dicustom, baik home url maupun post url.

# Apakah mempengaruhi posisi keyword saya di SERP ?
Secara teori tidak, asalkan tidak ada perubahan desain blog. Namun terkadang juga terjadi penurunan ranking SERP, tapi cuma berlangsung sementara saja

# Berapa lama url blog saya berubah di SERP ?
Tergantung crawl ulang blog kamu oleh spider Google.

Rating: 5