Selasa, 24 April 2012

Dekorasi Rumah Minimalis dan Mungil

Tulisan tentang Dekorasi Rumah Minimalis dan mungil berikut ini diambil dari situs zenhabits.net oleh Leo Babauta, simak paparannya berikut ini - Aku tidak bisa mengklaim bahwa rumahku benar-benar minimalis, tapi pasti tidak berantakan, dan kebanyakan orang yang kutahu akan menyebutnya rumah cantik nan minimalis.

Salah seorang pengunjung terakhir melihat dapurku dan berkata, "Aku belum pernah melihat dapur yang tampak begitu bersih, sangat kinclong!" Yah, aku melakukan yang terbaik untuk tetap bersih, tetapi kuncinya adalah untuk menghapus hal-hal yang tidak perlu.



Sebagai contoh, di lantai dapur / ruang makan hanya beberapa hal penting yang ada: meja makan (jelas harus ada), kursi, beberapa bangku counter, kursi tinggi, bangku kecil untuk anak-anak. Di counter hanya ada pemanggang roti, pembuat kopi dan microwave.

Apakah jenis dekorasi rumah minimalis tidak memiliki karakter menyenangkan? Beberapa mungkin berpikir begitu, tapi aku mendapatkan kepuasan yang aneh, pemenuhan, dari melihat sekeliling dan melihat sebuah rumah bebas dari kekacauan. Ini menenangkan, membebaskan, dan bagus.

Manfaat dari Rumah Minimalis
Aku mungkin bisa panjang lebar tentang ini, tapi untuk sementara Aku hanya mendaftar beberapa manfaat utama :

  1. Mengurangi stres. Kekacauan adalah suatu bentuk gangguan visual, dan segala sesuatu yang menarik perhatian kita walaupun sedikit. Sedikit kekacauan, semakin berkurang stres visual yang kita miliki. Sebuah rumah minimalis bisa menenangkan.
  2. Lebih menarik. Pikirkan tentang foto-foto rumah yang berantakan, dan foto rumah minimalis. Yang dengan hampir tidak ada di dalamnya kecuali beberapa perabot yang indah, beberapa karya seni yang bagus, dan dekorasi cantik sangat sedikit. Anda dapat membuat rumah Anda lebih menarik dengan membuatnya lebih minimalis.
  3. Mudah dibersihkan. Sulit untuk membersihkan sejumlah besar objek, atau untuk menyapu atau vakum cleaner disekitar sekelompok mebel. Semakin banyak barang yang Anda miliki, semakin sulit Anda membuatnya tetap bersih, dan semakin rumit untuk membersihkan disekitar barang-barang itu. Pikirkan tentang bagaimana mudahnya untuk membersihkan ruang kosong dibandingkan dengan 50 objek di dalamnya. Itu contoh ekstrim, tentu saja, karena Aku tidak akan merekomendasikan Anda memiliki kamar kosong, tapi itu hanya untuk menggambarkan perbedaan.


Seperti Apakah Rumah Minimalis itu?
Hal ini akan bervariasi, tentu saja, tergantung selera Anda dan bagaimana ekstrim minimalis Anda ingin menjadi. Aku minimalis, tapi tidak untuk setiap ekstrim. Tapi di sini ada beberapa karakteristik dari sebuah rumah minimalis:

  • Sedikit mebel. Sebuah ruang minimalis hanya berisi beberapa bagian penting mebel. Sebuah ruang tamu, misalnya,  mungkin hanya memiliki sofa, kursi, meja kopi, stand hiburan minimalis (bukan yang besar dengan sekelompok rak), televisi, dan beberapa lampu. Bahkan bisa kurang dari itu (sofa, kursi, dan meja kopi, misalnya). Sebuah kamar tidur memiliki tempat tidur sederhana (atau bahkan hanya kasur), meja rias, dan mungkin night stand atau rak buku.
  • Permukaan yang jelas. Di rumah minimalis, permukaan datar adalah jelas dilihat, kecuali satu atau dua dekorasi. Tidak ada sejumlah besar pernak pernik, dan jelas bukan tumpukan buku atau kertas atau barang lain.
  • Aksen dekorasi. Sebuah rumah yang sepenuhnya jelas-datar akan menjadi sedikit membosankan, sebenarnya. Jadi bukannya memiliki meja kopi benar-benar bebas dari setiap benda, Anda bisa menaruh vas sederhana dengan beberapa bunga, misalnya. Atau meja yang mungkin memiliki foto keluarga. 
  • Mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Daripada memiliki banyak barang di rumah Anda, minimalis akan memilih hanya beberapa hal benar-benar baik yang ia mencintai dan  sering digunakan. Sebuah meja yang baik, misalnya, adalah lebih baik daripada 5 buah pers-board mebel.
Sudah mengerti kan tentang gambaran dekorasi rumah minimalis? Nah sekarang, mari kita belajar cara membuat rumah yang minimalis. 


Rating: 5